alergi susu sapi pada anak

3 Penyebab Anak Mengalami Alergi Susu Sapi

Lilicub – Seringkali Anda menemui kasus alergi susu sapi pada anak atau bahkan anak Anda sendiri yang mengalami hal tersebut. Reaksi alergi yang terjadi pun terkadang sangat beragam, gejala ringan seperti ruam dan gatal maupun gejala berbahaya seperti sesak napas dan bisa membahayakan nyawa anak yang mengalaminya. Tentunya ada berbagai faktor yang membuat seseorang mengalami reaksi alergi terhadap suatu makanan atau minuman.

alergi susu sapi pada anak

Sebab Anak Alami Alergi Susu Sapi

Kondisi anak yang sehat ternyata tak menutup kemungkinan bahwa anak tersebut mengalami alergi terhadap sesuatu. Alergi sendiri bisa terjadi tiba-tiba tanpa diketahui sebelumnya. Berikut ialah beberapa penyebab-penyebab yang mengakibatkan anak menjadi alergi terhadap susu sapi.

1. Terganggunya Fungsi Sistem Kekebalan Tubuh

Penyebab pertama yang biasanya menyebabkan anak alergi ialah terganggunya fungsi dari sistem kekebalan tubuhnya. Jika anak mempunyai reaksi alergi terhadap susu sapi maka sistem kekebalan tubuh miliknya mendeteksi bahwa protein susu sapi tersebut sebagai sebuah zat yang bisa membahayakan tubuh. Sehingga tubuh tak menerimanya dan membuat tanda alergi akan keluar dengan berbagai ragam gejala.

2. Kelainan Genetik

Risiko alergi susu sapi pada anak akan lebih tinggi jika sang anak sendiri memiliki kelainan genetik sedari awal. Hal ini biasanya diturunkan oleh salah satu orangtua atau malah keduanya yang memiliki riwayat penyakit alergi terhadap sesuatu hal atau makanan. Contohnya ialah seperti penyakit eksim serta penyakit asma yang biasanya merupakan penyakit turunan dari orangtua.

3. Dermatitis Atopik dan Adanya Alergi Lainnya

Dermatitis atopik ialah suatu keadaan peradangan kronis yang terjadi pada kulit. Bagi anak yang memiliki penyakit seperti ini biasanya akan lebih mudah mengalami risiko alergi entah terhadap makanan maupun minuman. Hal yang sama juga bisa terjadi jika anak memiliki alergi lain terlebih dahulu seperti alergi terhadap debu atau alergi terhadap bulu hewan. Risiko alergi susu sapi yang dimilikinya akan lebih tinggi.

Di atas merupakan beberapa penyebab alergi susu sapi pada anak yang mungkin bisa menambah wawasan Anda. Jika terjadi reaksi alergi terhadap anak maka Anda harus segera menghentikan pemberian susu sapi atau susu formula, kemudian konsultasikan dengan dokter mengenai jenis susu yang dapat anak konsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *