perkembangan otak anak usia dini

3 Tips Stimulasi Perkembangan Otak Anak Usia Dini

Lilicub – Sejak si kecil dilahirkan, otaknya sudah siap bekerja dan berkembang sesuai dengan tahapan usianya. Namun, karena ia masih belum bisa melakukan apa-apa, maka semua bergantung dengan orang tua dan juga lingkungan di sekitarnya. Untuk melatih perkembangan otak anak usia dini, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan.

Tentu saja misalnya dengan memberikan rangsangan sensorik dan motorik, mengajaknya berbicara, mengenalkannya dengan benda-benda dan lain sebagainya. Namun, saat melakukan stimulasi demi perkembangan otak anak, ada beberapa tips yang semestinya Anda lakukan. Berikut ini uraian singkat tentang tips stimulasi perkembangan otak si kecil.

perkembangan otak anak usia dini

1. Stimulasi Dilakukan Secara Terus-menerus

Mengulang-ulang hal yang Anda ajarkan kepada anak membantunya untuk mengingat dan meniru. Jadi, ketika Anda mengajarkan ia untuk melakukan sesuatu, atau memintanya untuk tidak melakukan hal tersebut maka stimulasinya pun harus dilakukan secara terus-menerus.

Sebab, dengan melakukan secara terus-menerus anak akan lebih mudah memahami. Memang dibutuhkan kesabaran yang banyak untuk hal ini, tapi demi perkembangan otak anak yang maksimal, maka dibutuhkan pengorbanan.

2. Jangan Terburu-buru

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa menstimulasi perkembangan otak si kecil harus dilakukan dengan penuh kesabaran atau tidak terburu-buru. Perasaan tak sabar hanya akan membuat anak tidak bisa memahami apa yang Anda lakukan dengan benar.

Sehingga semua harus dilakukan dengan perlahan, rutin dan pastinya diselingi dengan variasi agar si kecil tidak merasa bosan. Anda juga harus memperhatikan keinginan si kecil dan tidak memaksakan kehendak saat melakukan stimulasi.

3. Hindari Emosi Negatif

 Tips untuk menstimulasi perkembangan otak si kecil salah satunya ialah menghindari emosi negatif. Jangan terlalu terbawa emosi seperti marah, sebal, bosan dan sebagainya. Memang susah untuk menghindar dari emosi negatif, sehingga jika sedang dalam fase ini, sebaiknya Anda istirahat untuk sejenak.

Melakukan hal-hal yang Anda sukai atau apapun itu. Karena anak-anak bisa merekam dan mengingat segala hal yang Anda lakukan. Maka berikanlah ia sesuatu yang positif agar bisa menjadi pribadi yang baik ke depannya.

Tidak mudah melakukan stimulasi terhadap perkembangan otak anak usia dini. Namun, jika dijalankan dengan cara yang tepat dan dengan dukungan orang sekitar, maka hasilnya pun akan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *