asuransi investasi dan jiwa

Belum Punya Dana Darurat? Segera Lakukan Hal-Hal Berikut, yuk!

Lilicub – Semua penasihat keuangan sepakat bahwa dana darurat penting dan wajib dimiliki oleh setiap orang. Pasalnya, sumber dana inilah yang bisa jadi opsi pertama kamu ketika hal tak diinginkan terjadi atau kebutuhan mendesak timbul. Setelah dana darurat terkumpul, barulah kamu bisa menempatkan uangmu di wadah simpanan lain seperti surat-surat berharga ataupun asuransi investasi dan jiwa. Untuk itu, yuk simak hal-hal apa saja yang harus segera kamu lakukan agar punya dana darurat!

asuransi investasi dan jiwa

1. Sisihkan sekarang.

Aturan tepat untuk punya dana darurat ialah sisihkan di depan—sekarang—bukan di belakang. Maksudnya, kamu sepatutnya langsung menyisihkan uang kamu begitu gaji datang, sebelum membagi atau membelanjakannya untuk hal-hal lain, bukan sebaliknya. Trik ini akan mempermudah kamu untuk membangun dana darurat. Sebab, nominal yang kamu simpan berjumlah pasti dan bisa diproyeksikan hasil kedepannya.

2. Manfaatkan fitur autodebet.

Sudah coba tips di atas tapi masih sering terlewat? Tak perlu merasa gagal dan berhenti di tengah jalan. Pasalnya, kamu bisa memanfaatkan fitur autodebet dari bank rekening gaji kamu untuk mengatasi masalah ini. Tinggal hubungi customer service, kemudian mintalah fitur autodebet di tanggal gajian kamu diaktivasi. Dengan begitu, kamu tak lagi akan lupa menyisihkan uangmu sebelum membelanjakannya.

3. Simpan bonus.

Bonus tahunan, angpao, atau THR datang tidak setiap bulan. Namun, uang-uang ini umumnya punya nominal yang tidak sedikit. Godaan seperti belanja atau menghadiahkan diri sendiri atas kerja keras selama berbulan-bulan pasti ada. Akan tetapi, ingat kembali niat awal kamu: menghimpun dana darurat. Maka, lekas menyimpannya ke rekening dana darurat adalah keputusan bijak buat hari esok kamu.

4. Berhemat.

Tips satu ini mungkin terdengar begitu konvensional. Namun, tak dapat dimungkiri jika memangkas pengeluaran merupakan salah satu cara paling ampuh untuk mengumpulkan dana darurat. Jadi, kamu bisa coba untuk mengatur ulang pengeluaran bulan kamu sebelum hari gajian tiba. Pilah kembali kira-kira kebiasaan konsumtif apa yang bisa kamu hilangkan untuk sementara waktu. Sebagai contoh, kamu bisa kurangi subscription bulanan aplikasi menonton atau musik, makan di luar saat akhir pekan, ataupun belanja barang-barang yang bukan kebutuhan mendesak.

5. Naikkan nominal uang.

Berapa persen gaji yang rencana kamu sisihkan untuk dana darurat? Misalnya, di bulan pertama kamu hanya mampu menyimpan 5% atau 10%, maka lakukanlah. Setidaknya, kamu sudah membuat progres. Kelak sewaktu kamu merasa sudah nyaman dengan penghematan, kamu bisa menaikkan nominal uang untuk dana darurat kamu. Tak harus signifikan, naikkan saja misalkan ke 8%a atau 12% di bulan berikutnya. Dengan begitu, dana darurat kamu bakal lebih cepat terkumpul.

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk segera punya dana darurat. Apakah ada tips yang ingin lekas kamu terapkan? Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *