pencegahan diare

Berikut 3 Langkah Pencegahan Diare dengan Mudah

Lilicub – Diare merupakan penyakit yang mengganggu pencernaan. Sehingga penderitanya akan mempunyai masalah pencernaan yaitu sering buang air besar dalam intensitas lebih sering dibandingkan biasanya. Saat diare kondisi tinja yang dipunyai juga tidak normal, karena akan mempunyai kondisi tinja yang encer. Diare sendiri merupakan salah satu masalah kesehatan yang masih sering terjadi di Indonesia dan bisa menyerang dari bayi hingga orang dewasa.

pencegahan diare

Selain ditandai dengan tinja encer dan sering BAB, diare juga mempunyai beberapa gejala lainnya yang perlu dikenali. Adapun gejala diare yang bisa dialami adalah:

  • Gejala yang paling umum adalah akan mengalami penurunan berat badan.
  • Mempunyai tinja berlendir hingga berdarah.
  • Mengalami sakit kepala hingga demam.
  • Mengalami dehidrasi yang ditandai dengan pusing, rasa haus berlebihan, urine menjadi lebih gelap, mulut kering, dan tubuh yang lemas.
  • Diare bagi bayi akan memberikan tanda seperti mata, perut, dan pipi yang terlihat cekung. Selain itu juga membuat air mata yang berkurang saat bayi menangis. Tidak mengeluarkan urine dalam waktu 3 jam dan akan membuat bayi lebih rewel.

Saat mengalami diare, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menyembuhkannya. Seperti dengan mengkonsumsi pertolongan pertama yang ada di rumah yaitu oralit.

Anda bisa membuat oralit yang akan membantu untuk meredakan diare yang dialami. Selain itu juga bisa dibantu menggunakan obat yang dapat menyembuhkan diare yaitu Entrostop, persembahan Kalbe melalui situs diarepedia.com .

Obat ini mempunyai dua variasi yang dapat dipilih yaitu obat untuk dewasa dan obat herbal yang dapat diberikan untuk anak yang mengalami diare. Sehingga dengan mengkonsumsi obat tersebut akan dapat meredakan diare. Mengkonsumsi Entrostop juga akan membantu agar diare yang dialami tidak menjadi lebih parah seperti mengalami dehidrasi dan penyakit lainnya seperti demam tinggi. Selain dapat melakukan cara mengobati diare, pastikan Anda juga melakukan pencegahan diare yang bisa menggunakan langkah mudah seperti berikut:

1. Rajin mencuci tangan

Pencegahan diare pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mencuci tangan. Usahakan untuk selalu rajin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas. Seperti sebelum akan makan maka pastikan untuk mempunyai tangan yang bersih. Begitu juga setelah makan maka bisa mencuci tangan dengan bersih. Anda juga perlu menjaga kebersihan tangan sebelum memasak, setelah dari toilet, dan setelah bersin maupun batuk. Setelah berjabat tangan, memegang gagang pintu, dan bermain gadget juga perlu untuk mencuci tangan. Jangan lupa mencuci tangan menggunakan sabun, cuci tangan selama 30 detik, dan bilas dengan air bersih.

2. Mengkonsumsi makanan yang tepat

Langkah selanjutnya yang mudah dilakukan agar tidak terkena diare adalah dengan mengkonsumsi makanan yang tepat. Seperti dengan menghindari makanan yang dapat menyebabkan diare atau membuat diare menjadi lebih parah. Beberapa jenis makanan yang tidak baik karena menyebabkan diare adalah makanan pedas, makanan yang tidak matang, dan makanan yang berminyak. Hindari makanan tersebut agar tidak membuat masalah pencernaan seperti diare.

3. Minum air matang

Tips pencegahan agar tidak terkena diare terakhir adalah dengan tidak mengkonsumsi air secara sembarangan. Pastikan untuk minum air matang dan yang bersih. Sehingga dapat membuat pencernaan tetap sehat dan menghindari diare. Apabila Anda minum air galon yang tidak baik juga pastikan untuk memasaknya terlebih dahulu. Sehingga hal tersebut akan mengurangi resiko terkena diare. Sebaiknya pastikan untuk mengkonsumsi air matang dan air kemasan yang sudah pasti bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *