apartemen bintaro

Daftar Biaya Tinggal di Apartemen Bintaro yang Harus Anda Cermati

Lili Cub – Menyusun detail biaya selama tinggal di apartemen Bintaro membantu Anda mengalokasikan dana dari penghasilan. Sebagian besar kebutuhan yang harus Anda penuhi sebenarnya tak jauh berbeda dari keperluan saat menetap di rumah petak. Sebagai ilustrasi, simak biaya penting apa saja yang biasanya dikeluarkan saat menetap di apartemen.

apartemen bintaro

1. Perpanjangan HGB

Hak Guna Bangunan (HGB) kadang luput dari perhatian karena status kepemilikan apartemen berjalan cukup lama, yakni 25 sampai 30 tahun. Namun, alangkah baiknya Anda mempersiapkan proses perpanjangan yang harus dilakukan dua tahun sebelum masa HGB sebelumnya habis.

2. Pemakaian listrik dan air bulanan

Rumah susun dan apartemen masuk ke dalam kategori pelanggan listrik bisnis besar B-3 yang batas dayanya berada di atas 200 kVA. Jadi pastikan Anda menggunakan rumus hitung sesuai aturan tersebut. Seperti TDL, Tarif Dasar Air (TDA) yang diberlakukan untuk pemilik unit apartemen untuk pemakaian air bersih sampai 10 liter adalah Rp3,70/liter dan Rp7,15/liter kalau lebih dari 10 liter.

3. Iuran pengelolaan dan perawatan

Iuran pengelolaan digunakan untuk membiayai operasional gedung apartemen, mencakup air, listrik, hingga kebersihan. Adapun P3SRS yang akan menentukan jumlah iuran ini. Sementara iuran perawatan dipakai untuk merawat atau mengganti komponen gedung, termasuk saluran air dan instalasi listrik. Jumlah uang yang dikeluarkan sekitar 10% sampai 15% dari iuran pengelolaan.

4. Dekorasi dan renovasi

Berencana mengubah dekorasi unit apartemen atau bahkan merenovasinya? Siapkan biaya untuk kebutuhan tersebut sejak jauh-jauh hari. Pertimbangkan desain, perabot, dan durasi pengerjaannya untuk menghitung dana. Anda juga harus melaporkan kepada pihak pengelola untuk mendapatkan izin dan mencegah kesalahpahaman. Menghitung biaya-biaya di atas akan semakin mudah kalau Anda mengetahui apartemen yang ditempati. Dengan memperhitungkan seluruh biayanya, diharapkan dapat membuat keuangan Anda lebih aman dan
stabil.

Jenis unit juga bisa mempengaruhi biaya-biaya di atas karena luas dan kapasitas masing-masing unit. Dalam hal ini, Silk Town menawarkan tiga jenis unit apartemen, yaitu unit studio, 1 bedroom, dan 2 bedroom. Fasilitas di dalamnya pun mewah dan eksklusif, sangat cocok untuk para milenial atau dijadikan investasi untuk disewakan.

Lokasinya pun strategis di segitiga emas antara Bintaro, BSD, dan Alam Sutera. Fasilitas lengkap dengan akses terjangkau ke berbagai fasilitas publik. Anda pun akan mendapatkan harga kompetitif untuk mendapatkan unit apartemen Bintaro satu ini mulai dari 400 jutaan. Kini Anda bisa mengikuti promo Double Price Cut PPN 0% dan discount 15%* dengan cicilan mulai dari 3,9 juta rupiah per bulannya dan cicilan bisa sampai 60 kali. Jadi, biaya yang dikeluarkan terasa sebanding dengan layanan- layanannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *