color picker

Fungsi dan Cara Penggunaan Color Picker pada Aplikasi Pengolah Gambar

Lilicub – Pada dasarnya mode warna yang seringkali didengar terdapat dua jenis yaitu CMYK dan RGB. Pada aplikasi pengolah gambar pemilihan warna dapat dengan mudah dilakukan melalui sebuah menu yang telah dilengkapi dengan mode warna tertentu di dalamnya. Berikut ini fungsi beserta cara penggunaan color picker pada aplikasi pengolah gambar.

color picker

Fungsi Color Picker

Menu pemilih warna yang tersedia hampir pada seluruh aplikasi pengolah gambar ini adalah sebuah fasilitas yang memiliki fungsi untuk memilih warna aktif yang akan digunakan untuk pembuatan sebuah project gambar tertentu. Anda dapat menentukan warna dengan formula yang sesuai dengan kehendak Anda sendiri melalui mode warna yang terdapat dalam menu ini.

Cara Penggunaan

Pada aplikasi pengolah gambar khususnya adobe photoshop Anda dapat denganĀ  mudah memberikan warna pada suatu objek menggunakan menu pemilih warna yang tersedia. Bidang warna yang ditampilkan pada menu pemilih warna ini menampilkan komponen warna dalam mode warna HSB, mode warna RGB, dan mode warna Lab.

Jika Anda sudah mengetahui nilai numerik dari warna yang Anda inginkan, Anda dapat memasukkannya ke dalam bidang teks secara langsung sehingga hasil warna yang ditampilkan akan otomatis seperti apa yang Anda inginkan. Anda juga bisa memilih warna secara manual menggunakan slider warna dan bidang warna untuk melihat pratinjau warna yang akan dipilih.

Saat Anda menyesuaikan warna dengan menggunakan bidang warna dan slider warna, nilai numerik akan otomatis menyesuaikan terhadap tarikan tangan Anda dalam slider warna. Kotak warna di sebelah kanan slider warna menampilkan warna yang disesuaikan di bagian atas dan warna asli di bagian bawah.

Mode warna HSB merupakan pemberian warna berdasarkan hue (warna), saturation (kejenuhan), dan brightness (kecerahan) yang dapat diatur sesuai selera Anda. Hue dapat menentukan spektral warna apa yang ditampilkan pada object Anda.

Untuk hasil warna yang indah Anda perlu menyesuaikan nilai numerik dalam mengatur setiap bagian mode warna yang terdapat pada menu pemilih warna ini. Setelah dirasa warna yang Anda pilih sudah pas tekan tombol ok maka object Anda otomatis sudah mendapatkan warna sesuai dengan yang Anda atur.

Itulah fungsi beserta cara penggunaan color picker pada aplikasi pengolah gambar. Pada dasarnya warna merupakan unsur utama dalam sebuah image yang menentukan keindahan hasil gambar. untuk kepentingan tampilan dan proses pencetakan dokumen atau gambar tertentu pengaturan mode warna yang baik sangat diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *