vodka

Manfaat Minum Vodka yang Belum Anda Ketahui

Lilicub – Vodka sampai saat ini masih menjadi salah satu minuman alkohol yang begitu populer di dunia, khususnya di wilayah Eropa Timur. Vodka memiliki unsur etanol, cairan dan rasa. Sejauh ini vodka dikenal dengan kadar alkoholnya yang sangat tinggi. Di negara atau kawasan bersuhu dingin, minuman tersebut berfungsi untuk menghangatkan badan. Namun, terdapat manfaat lain dari vodka, seperti untuk kesehatan.

vodka

1. Mencegah Flu dan Masuk Angin

Apabila Anda  mengkonsumsi minuman alkohol berlebihan dan berkepanjangan tentu dapat merusak sistem imun tubuh dan bisa membawa Anda ke resiko terjangkit berbagai jenis penyakit yang berbahaya. Namun hal itu tidak akan terjadi apabila Anda bisa mempertahankan kebiasaan meminum minuman alkohol dengan porsi yang wajar dan terkontrol maka daya tahan tubuh justru bisa semakin kuat.

Teori ini sudah dibuktikan lewat beberapa penelitian yang mengamati dampak dari minuman alkohol kepada kera Makaka, dimana Kera Makaka merupakan spesies primata yang mempunyai rancangan sistem kekebalan tubuh yang paling mirip oleh tubuh manusia.

Para peneliti menemukan kera yang mengkonsumsi vodka dalam porsi yang wajar memperlihatkan peningkatan sistem imun tubuh. Akan tetapi, penelitian tersebut belum dicoba langsung ke manusia.

2. Dapat Memelihara Kesehatan Mata

Satu kelas minuman keras umumnya mengandung magnesium, zat besi, lutein, kalium dan lain sebagainya. Seluruh zat itu mempunyai senyawa karotenoid yang dapat mengurangi risiko katarak serta degenerasi makular atau sebuah peristiwa hilangnya penglihatan di bagian sentral karena kerusakan di tengah retina, dan menjadi penyebab kebutaan di usia 50 ke atas.

3. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Vodka adalah jenis minuman beralkohol yang mempunyai alkohol sangat tinggi dan mempunyai sifat antibakteri yang begitu baik. Dari kedua sifat tersebut menjadikan vodka sangat ideal untuk dijadikan obat alternatif yang sudah terbukti ampuh membasmi bakteri yang mengakibatkan kerusakan gigi dan bau mulut.

Apabila Anda ingin menambah faktor kesehatan lain, Anda dapat menambahkan lembaran daun mint, batang cengkeh, atau kayu manis di dalam botol untuk membuat obat kumur dari vodka. Tentu Anda bisa membeli obat kumur khusus, tapi cairan vodka dengan kandungan didalamnya bisa menjadi obat kumur alternatif yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan mulut dan mencegah kerusakan gigi karena bakteri.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Memiliki kebiasaan mengkonsumsi minuman alkohol secara berlebihan dan berkepanjangan tentu bisa merusak dan mengganggu kesehatan otak. Akan tetapi, bila Anda bisa mengatur dan mengendalikan frekuensi dan porsi meminumnya, asupan alkohol diklaim bisa membantu tubuh untuk mencegah terjadinya penurunan fungsi otak.

Dimana penelitian yang dilakukan oleh Loyola University mendapatkan peminum minuman alkohol yang bisa membatasi porsinya berhasil memperlihatkan penurunan risiko terjadinya kerusakan kognitif pada otak hingga 23 persen, termasuk penyakit demensia dan Alzheimer jika dibandingkan oleh golongan yang tidak mengkonsumsi minuman alkohol.

Tidak sampai disini saja, ada juga studi lain yang berhasil diterbitkan oleh Consciousness and Cognition menyatakan bahwa meminum alkohol dalam porsi yang wajar berkaitan dengan munculnya kreativitas tinggi untuk memecahkan sebuah masalah jauh lebih cepat dibanding mereka yang tidak mengkonsumsi alkohol, dan ini bisa Anda temukan pada minuman vodka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *